Kepesertaan

Siapa itu Peserta Aktif  • yaitu Direksi dan Pegawai, yang masih aktif bekerja pada Bank dan telah terdaftar pada Dana Pensiun.

Siapa saja yang disebut Peserta Pasif, yaitu • Peserta yang telah berhenti bekerja dan telah menerima pembayaran Manfaat Pensiun menurut Peraturan Dana Pensiun.

Siapa-Siapa yang Berhak atas Manfaat Pensiun Peserta, yaitu : • Isteri / suami yang sah dari Peserta dan telah terdaftar pada Dana Pensiun sebelum Peserta berhenti bekerja, pensiun atau meninggal dunia. • Anak yang sah dari Peserta/Pensiunan yang telah terdaftar pada Dana Pensiun sebelum Peserta berhenti bekerja, pensiun atau meninggal dunia. • Seseorang yang ditunjuk oleh Peserta dalam hal Peserta tidak menikah dan tidak ada anak.

Apa saja Kewajiban Peserta itu, yaitu : 1. Membuat Surat Pernyataan : Kesediaanya untuk menjadi Peserta, dan Kesediannya untuk dipotong sebagian gaji atau upahnya sebagai iuran Dana Pensiun. 2. Membayar Iuran Peserta setiap bulannya sebesar 5% dari PhDP (sesuai PDP) 3. Mandaftarkan Isteri / Suami dan/atau Anak atau Pihak Yang Ditunjuk serta melaporkan setiap terjadi perubahan susunan keluarga. 4. Melaporkan data/informasi tentang kematian, perceraian dan perujukan/kawin lagi.

Apa juga Hak Peserta ya, yaitu : 1. Menerima Manfaat Pensiun Normal, Dipercepat/Dini, Cacat atau Tunda. 2. Menerima kembali jumlah himpunan iuran Peserta beserta pengembangannya apabila Peserta berhenti bekerja sebelum memiliki masa kepesertaan selama 3 tahun. 3. Bagi Isteri, Suami dan Anak (Pihak yang berhak), berhak atas Manfaat Pensiun (MP) janda/duda/anak. 4. Bagi Pihak yang ditunjuk berhak atas MP sekaligus Peserta. 5. Berhak memperoleh informasi/keterangan dari Pengurus, mengenai perkembangan portofolio dsb. 6. Memperoleh salinan mengenai hasil pengawasan oleh Dewan Pengawas atas pengelolaan Dana Pensiun. 7. Berhak menyampaikan pendapat dan saran mengenai perkembangan portofolio investasi dan hasil investasi kepada Pendiri, Dewan Pengawas dan Pengurus.

Bagaimana Cara menghitung Manfaat Pensiun dan Apa Rumusnya ? Rumusnya, yaitu perkalian Nilai Sekarang (NS) x 2,5% x Masa Kerja x Penghasilan Dasar Pensiun (PhDP) dengan batasan maksimal sebesar 75% dari PhDP. Unsur PhDP ini terdiri dari Imbalan Kerja Tunjangan Kesejahteraan.

Besarnya Manfaat Pensiun bagi Janda/Duda dan Anak Peserta, yaitu 60% dari MP Peserta, atau dengan Rumusan adalah 60% x Nilai Sekarang (NS) x 2,5% x Masa Kerja x Penghasilan Dasar Pensiun (PhDP).

PERTUMBUHAN PESERTA

Jumlah Peserta per Bulan Maret Tahun 2024 yaitu sebanyak 1.374 orang, yang terdiri dari 1185 peserta aktif dan 189 peserta pasif. Apabila dibandingkan dengan jumlah peserta pada akhir Desember 2023 mengalami penambahan 7 orang, Sementara dari Peserta Pensiunan Bulanan bertambah sebanyak 4 orang dan 8 orang keluar dari kepesertaan karena berhenti bekerja dengan hak pengembalian iuran atau pembayaran dengan hak sekaligus.

Pertumbuhan Jumlah Peserta Bulan Desember 2023 sampai dengan Maret 2024, dapat dilihat pada tabel dibawah ini :